Jaga Situasi Tetap Aman dan Kondusif Pasca Pilkades, Kapolres Situbondo Himbau Tidak Ada Konvoi

Situbondo, Headline-news. id – Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkades Serentak menjadi atensi Polres Situbondo dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Sejak pagi, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. didampingi Wakapolres Kompol Pujiarto, S.H. M.H. dan Kasat Intelkam AKP Agus Sutanto, S. Sos. memantau langsung jalannya proses pemungutan suara Pilkades di TPS, Kamis (06/10/2022).

“Untuk pengamanan Pilkades, anggota Polri dan TNI serta Linmas sudah siap di tempat pemungutan suara pilkades di 17 desa, 14 kecamatan. Totalnya ada 146 TPS. Pemantauan langsung di TPS untuk memastikan Pilkades berjalan lancar, situasi kamtibmas aman dan kondusif serta kesiapsiagaan personel pengamanan “ ujar AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H.

Tidak hanya itu, lanjut AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H., bahwa untuk mempermudah pengawasan dalam pengamanan telah melakukan pembagian rayon menjadi tiga, diantaranya rayon barat, rayon tengah dan rayon timur sehingga bisa memetakan Desa atau TPS yang rawan.

Selain itu, sebelum pelaksanaan pemungutan suara dilakukan, Kapolres juga telah melakukan tatap muka dan komunikasi dengan para calon dan simpatisan serta tim sukses pilkades sebagai cooling system agar tidak melakukan tindakan yang berpotensi terjadinya konflik antar calon sehingga mengganggu pelaksanaan Pilkades serentak.

“ Tidak hanya himbauan kepada Cakades, Kami juga menekankan kepada petugas keamanan, panitia pilkades tingkat kabupaten hingga tingkat desa agar netral dan melaksanakan sesuai dengan peraturan dan SOP yang telah ditetapakan ” tegas AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H.

Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. juga berpesan kepada kepala desa yang terpilih nantinya tidak merayakan kemenangan secara berlebihan seperti konvoi. Begitu pula dengan calon kepala desa yang tidak terpilih agar legowo dan menerima dengan ikhlas.

“ Kita harapkan kepada kepala desa yang terpilih dalam merayakan kemenangan pilkades tidak ada pengerahan massa dalam bentuk apapun dan semua pihak menerima hasil pesta demokrasi ini ” pungkas AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H.

(Humas Polres Situbondo/Red)

banner 970250
error: