Jokowi Diyakini Tidak Mungkin jadi Presiden jika Publik Tahu Kalau Mobil Esemka itu adalah Produk China dan Terungkap Diawal

Headline-news.id Jakarta Minggu 19 Februari 2023: Joko Widodo diyakini tidak akan terpilih menjadi presiden pada pemilihan presiden (Pilpres) 2014 lalu jika sejak awal terungkap bahwa mobil Esemka itu diimpor dari China dan Bukan Produk anak bangsa seperti yang digembar-gemborkan saat ini oleh beberapa pihak.

Jokowi Tidak Mungkin jadi Presiden jika Esemka Produk China Terungkap Diawal

Sementara kata Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam mengatakan, mobil Esemka seperti produk yang sengaja dipaksakan dan kejar tayang, karena sudah digembar-gemborkan. Sehingga, jika tidak jadi, maka akan menjadi beban sejarah Jokowi.

Saiful menyayangkan mobil Esemka yang sejak awal diinginkan sebagai karya masterpiece anak bangsa, justru ternodai dengan menggunakan skema impor dari China.

“Jika pada saat 2014 yang lalu publik tahu bahwa Esemka berasal dari China, tidak mungkin Jokowi bakal menjadi Presiden. Tentu publik tidak akan melupakan jualan Jokowi tentang Esemka 2014 yang lalu,” ujar Saiful kepada awak media Ini pada, Minggu Sore (19/2).

Selain itu, kata akademisi Universitas Sahid Jakarta ini, jika ternyata Esemka berasal dari China, mestinya tidak memakai nama Esemka.

Ia memandang, merek Esemka yang digunakan mobil produk China seolah merendahkan harkat dan derajat Jokowi sebagai orang yang mempopulerkan mobil Esemka sebelumnya.

Jokowi Tidak Mungkin jadi Presiden jika Esemka Produk China Terungkap Diawal

“Ini kan Jokowi tecemar nama baiknya dengan hadirnya Esemka yang ternyata berasal dari China. Jokowi akan dinilai oleh publik lebih pro kepada China daripada mengembangkan produk mobil buatan anak bangsa,” pungkas Saiful.

(Red/Tim-Biro Pusat Sitjenarnews dan Headline-news)

banner 970250
error: