NEWS  

“Pembangunan Saluran Irigasi Memiliki Berbagai Masalah Serius Yang Diduga Mempengaruhi Kualitas.

Situbondo, headline-news. 07 Juni 2024- ketua DPC (LSM) penjara Indonesia fajar bersama jajaranya gafur, sebagai fungsi kontrol swadaya masyarakat kembali menyoroti kegiatan “pembangunan saluran irigasi yang dialokasikan di Desa olean Dusun Kandang Utara, “Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo. Dugaan bahwa proyek tersebut dikerjakan asal jadi semakin kuat setelah dilakukan pengecekan langsung di lokasi.

“Menurut pernyataan yang diterima, pembangunan saluran irigasi tersebut memiliki berbagai masalah serius yang mempengaruhi kualitas dan fungsionalitasnya. ditemukan bahwa ketinggian saluran irigasi hanya mencapai 40 cm, jauh dari standar yang seharusnya. Lebar saluran juga bervariasi, dengan ukuran antara 25 cm hingga 27 cm, yang tidak memenuhi spesifikasi yang diharapkan.


“Lebih lanjut, temuan di lapangan menunjukkan bahwa saluran irigasi tersebut dibangun tanpa menggunakan pondasi yang memadai. Hal ini terungkap saat fajar bersama gafur menanyakan langsung kepada pihak pekerja di lapangan. Pihak tukang menyebutkan bahwa ketinggian seharusnya adalah 90 cm dengan pondasi yang kuat, namun kenyataannya, saluran tersebut tidak memiliki pondasi yang sesuai.Selain itu, fajar juga menemukan bahwa campuran bahan bangunan yang digunakan tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dan tidak pakek molen dan bak spesi, “Kondisi ini tentunya dapat mempengaruhi daya tahan dan keefektifan saluran irigasi dalam jangka panjang.
“Ini saatnya dinas terkait bekerja lebih serius dan melakukan koreksi terhadap kegiatan pekerjaan, khususnya di Kabupaten Situbondo, “tutur fajar.

Dinas terkait diharapkan segera turun tangan untuk mengevaluasi dan memperbaiki kualitas pembangunan saluran irigasi ini. Pembangunan infrastruktur yang tidak sesuai dengan standar dapat berdampak buruk bagi masyarakat, terutama dalam hal distribusi air irigasi yang sangat penting bagi sektor pertanian di daerah tersebut.gafur menegaskan bahwa pengawasan dan penegakan standar kualitas dalam setiap proyek pembangunan harus menjadi prioritas untuk memastikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat,

“Berita ini diharapkan dapat menjadi perhatian bagi pihak berwenang untuk segera mengambil tindakan yang diperlukan demi kesejahteraan dan kepentingan masyarakat Desa olean Dusun Kandang Utara dan khususnya di kabupaten situbondo, ungkap fajar.

(Ba’im)

banner 970250
error: