NEWS  

Ribuan Massa Turun Jalan Pertanyakan Kinerja Pihak Kepolisian Yang Lamban

Situbondo, headline-news.id – GP SAKERA dan LBH GKS BASRA beserta sejumlah elemen masyarakat Situbondo melakukan aksi unjuk rasa di depan Kepolisian Resort (Polres) Situbondo, Jawa Timur. Senin, 17 Oktober 2022.

Kedatangan mereka adalah untuk mempertanyakan mandulnya supremasi Hukum terkait sejumlah kasus dugaan tindak pidana pasal 372 & 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan.

Massa yang datang membawa sejumlah poster kritikan terhadap kinerja pihak Kepolisian dengan tulisan di antaranya adalah, “Tegakkan Hukum di Situbondo Tanpa Pandang Bulu”.

Supriyono, S.H., M.H., dalam orasinya menyampaikan beberapa tuntutan yakni, menuntut Kapolres Situbondo segera limpahkan perkara penyidikan tindak pidana 372 & 378.

“Kami meminta Kapolres Situbondo menetapkan tersangka pelaku tindak pidana 372 & 378 serta mengusut tuntas kasus tersebut dengan tegas, berani dan tanpa pandang bulu,” tutur advokat kondang asal Situbondo ini.

Ditempat yang sama Korlap Aksi dari LBH GKS BASRA dan GP SAKERA, yaitu Taufik, S.H., mengatakan bahwa kedatangannya ke Polres Situbondo adalah untuk menyampaikan aspirasi yang mana penegakan hukum di Situbondo seolah mati suri, terutama terkait pasal 372 & 378 pernah dilaporkan ke Polda Jawa Timur dan sudah dilimpahkan ke Polres Situbondo.

“Sebenarnya Polres Situbondo itu masih nunggu apa sih? Seharusnya polres Situbondo tidak ada alasan untuk mengulur-ulur waktu sehingga kami menjadi penasaran,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa kedatangannya ke Polres Situbondo membawa tiga tuntutan yang pertama terkait pasal 372 & 378, Tambang Liar dan Mobil Modong.

“Kami kecewa. Kami bukan anak kecil yang dikasih permen lalu diam saja, sudah dari awal-awal kami mempertanyakan, namun tidak ada respon dari penegak hukum Polres Situbondo. Sekarang Kapolres tidak menemui kami. Yang ada hanya Wakapolres yang menemui kami. Makanya kami akan menggelar aksi demo lagi minggu depan,” tegasnya.

Sementara itu, Wakapolres Situbondo, yaitu Kompol Pujiarto, S.H. M.H., di depan para aksi unjuk rasa mengatakan bahwa ia akan menyampaikan semua tuntutan aksi ke Kapolres Situbondo.

“Saya akan sampaikan semua tuntutan kepada Kapolres. Sekarang ini beliau sedang tidak ada disini,” tutup Perwira Polisi dengan satu melati di pundaknya itu.

 

(Hamzah/Tim)

banner 970250
error: