Sosok kepala Rutan Termuda di Indonesia yang membawa perubahan di setiap UPT yang dipimpinnya

Headline-news Situbondo Jawa Timur Senin 24 Juni 2024: Rudi Kristiawan,A.md,IP,SH,MM Kepala Rutan Kelas IIB SITUBONDO Putra Kelahiran Blora Jawa Tengah Anak ke 2 dari 5 Bersaudara ini adalah salah satu figur sosok pemimpin yang patut diapresiasi dan di perhitungkan. Pasalnya di setiap tempat dimana beliau berdinas selalu membawa angin segar perubahan positif diberbagai sektor. Salah satunya adalah beliau dikategorikan sangat berhasil dalam memberantas segala bentuk yang berbau Pungli dan mengutamakan pelayanan gratis terutama kepada seluruh warga binaannya baik itu terkait pengurusan pembebasan bersyarat (PB) Juga Cuti Bersyarat (CB) dan juga pemberian Remisi kepada seluruh warga binaan.

Keterangan Foto Kepala Rutan Situbondo Rudi Kristiawan A.md,IP.SH.MM

Mulai aktif berdinas sebagai kepala rumah tahanan negara kelas II B Situbondo pada November 2022 Rudi juga berhasil menghidupkan dan memberdayakan kembali Wali narapidana bahkan di tiap kamar yang ada di blok Rutan untuk mengamati dan membimbing secara intensif serta berguna untuk memberikan laporan hasil perkembangan pembinaan secara berkala baik dalam bentuk pembinaan (Treatment Record) Ataupun Secara berkala lisan langsung kepada Kepala Rutan dan juga digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan pada sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) Saat Terpidana tersebut melakukan pengurusan jelang kepulangannya.

UPT yang dipimpin oleh Alumni Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) Angkatan 43 tahun 2010 inipun telah beberapa kali mendapatkan penghargaan bergengsi selama beliau menjabat 2 Kali Ka UPT (Kepala Rutan)

Salah satunya adalah Penghargaan Rutan Terbaik nomor 2 se-Indonesia pada 2023 lalu dan berbagai penghargaan lainnya yang tidak bisa dipaparkan satu persatu disini.

Selain Profesional dalam Menjalankan tugas yang diembannya Rudi Juga dikenal sangat tegas apabila ada oknum napi yang mencoba bermain main dengan segala bentuk Narkoba. Mengingat lapas dan rutan adalah pasar yang bagus antara bertemunya konsumen dan produsen dalam rangka pemenuhan kebutuhan Narkoba. Sudah banyak Upaya percobaan penyelundupan narkoba dan pil Koplo kedalam Rutan belum lama ini. Akan tetapi Berhasil digagalkan oleh Petugas.

Rudi juga tegas memerintahkan seluruh jajaran dibawahnya agar upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba dan pil koplo di rutan ini dilaksanakan Secara berkesinambungan dan Profesional Wal Hasil Saat ini diakui Rutan Situbondo ini adalah rutan yang paling Zero akan peredaran narkoba.

Tindakan keras Rudi Bukan tanpa alasan.mengingat banyaknya sorotan dan polemik serta dugaan prahara Narkoba di hampir seluruh lapas dan rutan di Indonesia beberapa tahun terakhir ini. Beliau juga berpedoman pada surat edaran direktur jenderal pemasyarakatan nomor E.130.PK.04.10.Tahun 1999 tentang pencegahan dan penanggulangan Narkoba di dalam lapas dan rutan di Indonesia ini serta mendukung penuh suksesnya program perang melawan narkoba dengan strategi 3 plus 1 yakni Deteksi dini berantas narkoba, Sinergitas dan Back To Basic.sesuai arahan Kementerian Hukum dan Ham Republik Indonesia Melalui Direktorat Jendral Pemasyarakatan. Yang juga Sejalan dengan Regulasi Pelaksanaan pemberantasan penyalahgunaan narkoba didalam Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara yang diatur dalam Peraturan Menkumham nomor M-H-09.HM.03.03 tahun 2011 tentang pedoman pelaksanaan pencegahan dan penyalahgunaan narkoba serta merujuk pada surat edaran nomor PAS- 46.PK.10.04.01 2011 tentang kewaspadaan terhadap peredaran narkoba di setiap unit pelaksana teknis pemasyarakatan nomor PAS- 38.OT.02.02 tahun 2021 Tentang Program pelaksanaan prinsip dasar pemasyarakatan (Back To Basic)

Saat Tim Awak Media Sitijenarnews Grup Secara Eksklusif mewawancarai secara acak Beberapa Napi Layaran dari Berbagai Lapas dan Rutan di Jawa Timur yang saat ini menghuni Rutan Kelas IIB Situbondo ini Menyebutkan, Alhamdulillah Pengurusan saya disini lancar tanpa ada pungutan apapun begitu Pula segala macam layanan di sini Gratis tidak seperti ditempat kami Sebelumnya,Ujar Purwanto Efendi salah satu napi Layaran yang Berasal Kabupaten Lumajang.

Senada juga apa yang Disampaikan oleh Syahroni pria asal Surabaya ini Juga Menyebutkan Bahwa Pelayanan dan Hak – hak Napi Seluruh nya di dapat sedari masuk di rutan ini. Sebelumnya dia juga napi Layaran dari salah satu rutan di Sidoarjo.

Tim Awak Media ini juga sempat mengkonfirmasi beberapa napi lokal atau yang biasa disebut napi Pribumi beberapa dari mereka pun menyebutkan hal yang sama, kami disini diberlakukan sangat manusiawi walaupun kami di luar sana dianggap orang yang bermasalah ujar Muhammad Aziz napi asal Ketapang Banyuwangi.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Eko Febrianto, memang sudah Seharusnya Sistem Pemasyarakatan di Indonesia ini diselenggarakan dalam rangka membentuk narapidana agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahannya, memperbaiki diri,dan tidak mengulangi tindak pidana dimasa yang akan datang.Sehingga Mereka dapat diterima kembali oleh Lingkungan masyarakat,dapat aktif pula berperan dalam membangun Bangsa dan dapat Hidup secara wajar sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab sesuai amanah UU No 22 tahun 2022 yang memperkuat UU no 12 tahun 1995 di pasal 2 tentang Sistem Pemasyarakatan yang juga menyebutkan pembinaan terhadap para narapidana harusnya bisa bermanfaat dengan baik apalagi selama para napi menjalani masa pidana sehingga nantinya narapidana ini memiliki kesempatan yang sama dengan anggota masyarakat pada umumnya untuk dapat berkontribusi secara aktif dan produktif dalam pembangunan bangsa.

Memanglah benar saya akui program dan Kegiatan pembinaan yang dilakukan dalam lembaga Pemasyarakatan Khususnya di Rutan Situbondo ini bertujuan untuk membangun manusia mandiri dimasa yang akan datang.

Pembinaan terhadap Seluruh napi Selalu mendapatkan Perhatian khusus dari Ka Rutan Sehingga para warga binaan disini tidak mempunyai waktu luang tanpa adanya Kegiatan. Diantaranya adalah:

– Kegiatan Pembinaan Kepribadian yang Lebih Menekankan pada Program Pembinaan Keagamaan, Moral dan Budi Pekerti.

– Kegiatan Peningkatan Pembinaan Kemandirian dengan Memberikan Kegiatan Latihan Keterampilan Kerja Seperti aktifitas yang ada di Bimker, Car Wash, Sektor Budidaya Tanaman dan Perikanan.

– Para Napi Setiap waktu masuk ke kamar masing masing pasti diawali dengan Pembacaan Catur dharma narapidana secara bersama sama Sehingga mereka selalu ingat pesan moral yang terkandung di dalamnya ujar Eko Febrianto Aktivis Asli Situbondo yang Saat ini Juga Menjalani sisa masa Hukumannya di Rutan Situbondo ini.

Keterangan Foto: Rudi Kristiawan A.md,IP.SH.MM Kepala Rumah Tahanan Negara Situbondo Jawa Timur

Sekedar diketahui dan dari hasil penelusuran tim awak media ini. Rudi Kristiawan juga adalah sosok yang dikenal akrab dengan seluruh warga binaan. Rudi juga dikenal dekat dengan para tokoh masyarakat dan tokoh agama serta ramah terhadap awak media di manapun beliau Berdinas dan Bertempat tinggal.

 

(Red Tim-Sitijenarnews Biro Situbondo Jatim)

banner 970250
error: